Tips Ampuh Merawat Baju Berbahan Kaos

Masalah utama pakaian dengan bahan kaos adalah warna yang memudar dan bahan yang menjadi melar. Adakalanya masalah tersebut timbul akibat dari kualitas bahan kaos tersebut, tetapi masalah tersebut lebih sering disebabkan oleh kesalahan dalam merawat pakaian dengan bahan kaos itu.

Bahan kaos berkualitas yang sering digunakan sebagai bahan utama pakaian muslimah adalah cotton combed. Hal ini dikarenakan sifat bahan tersebut yang lembut, nyaman, dan menyerap keringat. Berikut adalah tips merawat bahan kaos pada busana muslim agar awet dan warna indahnya tahan lama.

1.    Perhatikan Jangka Waktu Merendam Pakaian
Merendam bahan kaos dalam jangka waktu yang terlalu lama, apalagi menggunakan detergen, dapat dengan cepat memudarkan warna. Jangan merendam pakaian lebih dari 1 jam. Untuk kaos baru paling lama cukup 30 menit saja.

2.    Sortirlah bahan kaos sebelum proses merendam pakaian.
Pisahkan kaos yang berwarna putih, berwarna cerah, dan berwarna kuat agar mencegah kotornya pakaian akibat lunturnya warna pakaian. Kemudian pisahkan berdasarkan tingkat kekotoran pakaian. karena mencampurkan pakaian yang sangat kotor dengan pakaian lain hanya akan menyebarkan kotoran tersebut.

3.    Hindari mesin cuci untuk bahan cotton combed
Sebaiknya cuci secara manual (menggunakan tangan), karena penggunaan mesin cuci pada bahan tersebut beresiko membuat pakaian menjadi melar dan bahan menjadi kasar akibat proses tarik ulur dan gesekan antar pakaian dalam mesin cuci.

4.    Hindari menyikat bahan kaos
Seperti halnya resiko yang ditimbulkan akibat pemakaian mesin cuci. Menyikat Bahan kaos akan mengakibatkan bahan menjadi melar dan pori-pori kaos menjadi kasar.

5.    Perhatikan Cara Menjemur
Jemur bahan kaos dalam keadaan terbalik, bahan dalamnya diposisikan diluar. Kemudian jangan menjemur menggunakan hanger (digantung), karena setelah dicuci bahan kaos akan menjadi berat, jika digantung dengan hanger akan membuat bahannya menjadi melar.

6.    Perhatikan cara menyetrika
Menyetrika kaos dalam keadaan terbalik dapat membantu memelihara warna bahan kaos tersebut, atau dapat juga menjadikan koran sebagai alas. Jadi atur terlebih dahulu posisi pakaian, lalu letakkan koran diatas bahan kaos, dan setrikalan korannya, sehingga setrika tidak langsung mengenai kaosnya. Hindari penggunaan temperatur yang terlalu panas, karena temperature yang terlalu panas dapat mengakibatkan warna pudar dan pori-pori kaos renggang.

7.    Sebaiknya simpan bahan kaos dengan cara dilipat, jangan digantung.
Hal ini dapat memelihara bahan kaos agar tidak melar dan kerapatan serta kelembutan pori-pori bahan kaos tetap terjaga.

8.    Gunakan Pelembut Pakaian untuk hasil maksimal
Pelembut berguna untuk menjaga agar pori-pori kaos terjaga kelembutannya.